Artikel
24 April 2014

Bijaksana Mengatur Skala Prioritas untuk Hasil Kerja Maksimal

Berhadapan dengan setumpuk pekerjaan  sementara kamu tidak memiliki banyak waktu, maka satu-satunya jalan untuk menyelesaikannya adalah dengan menggunakan manajemen waktu. Tetapi dalam mengelola manajemen waktu sebelumnya Kamu perlu menentukan skala prioritas dari pekerjaaanmu. Pilih dan pilah pekerjaan mana yang menduduki prioritas paling tinggi dan harus diselesaikan terlebih dulu:
 
URUTKAN & SUSUN SKALA PRIORITAS
Ketika membuat skala prioritas, kita harus mengurutkannya dulu dari yang paling penting dan mendesak, hingga yang tidak mendesak sama sekali. Setelah kebutuhan yang paling mendesak terpenuhi, maka kita baru boleh memikirkan bagaimana pemenuhan kebutuhan lainnya. Lagi-lagi manusia perlu menyusun skala prioritas, kebutuhan mana yang perlu didahulukan dan mana yang bisa ditunda. Bagaimana cara menentukan pilihan, mana yang harus didahulukan. Berikut macam-macam kebutuhan berdasarkan tingkat urgensi:
- Urgent & Important / Mendesak & Penting: Tipe pekerjaan dengan skala prioritas Penting & Mendesak ini harus diprioritaskan untuk diselesaikan terlebih dahulu. Tugas jenis ini bisa di seleksi dari kapan tugas tersebut masuk hingga kapan tugas ini harus selesai. Jika jarak antara tanggal masuk dan tanggal selesai sangat dekat, bisa dipastikan tugas ini memang sangat Penting & Mendesak. Makanya kita harus mendahulukannya. Jangan pernah menunda pekerjaan yang masuk dalam kategori ini.
- Not Urgent but Important / Penting: Tipe pekerjaan dengan prioritas seperti ini, sebaiknya disikapi dengan menjadwalkan pekerjaan kembali. Karena ada baiknya kita menggunakan waktu produktif untuk mengerjakan setiap pekerjaan yang bernilai Penting sebelum pekerjaan ini naik skala prioritasnya menjadi Penting dan Mendesak. 
- Urgent but Not Important / Mendesak: Tipe pekerjaan Mendesak, Pekerjaan ini terkadang datang dari orang di luar kamu. Misalnya ketika mereka meminta bantuan. Hal ini bisa saja mengganggu waktu produktif untuk mengerjakan pekerjaan dengan skala Penting. Makanya, ketika kamu sedang berjibaku pada pekerjaan Penting kamu, sah-sah saja jika kamu menolaknya. Apalagi jika pekerjaan Mendesak ini membuat kamu kewalahan menyelesaikan tugasmu. 
 
PERTIMBANGKAN MASA DEPAN
Hal kedua adalah bagaimana jika menghadapai pilihan yang sulit, maka faktor masa depan juga perlu dipertimbangkan. Sebagai contoh : Ada berbagai pilihan bidang les yang ingin diikuti, namun karena keterbatasan suatu hal maka kita harus menentukan salah satu dan tidak bisa memilih keduanya, manakah yang harus kita pilih? Dalam hal ini kita harus mempertimbangkan mana yang paling bermanfaat bagi masa depan. Kedua hal tersebut semuanya penting, namun mengutamakan Bahasa Inggris merupakan pilihan yang paling tepat, sebab kegunaan Bahasa Inggris yang akan datang lebih luas  dibandingkan dengan Matematika. Ini adalah salah satu pilihan yang didasarkan dengan kebutuhan untuk masa depan.
 
KEMAMPUAN DIRI
Berawal dari sifat manusia yang memiliki banyak keinginan dan selalu merasa tidak puas, namun ada hambatan karena keterbatasan kemampuan, baik dari segi ekonomi maupun yang lain. Maka perlu dipertimbangkan pula berdasarkan kemampuan yang dimiliki, baik dari segi materi maupun non materi agar pilihan yang diambil bisa tepat sesuai kemampuan.
 
Dengan adanya beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menentukan skala prioritas di atas, maka alangkah baiknya jika kamu membuat daftar kebutuhan yang diinginkan sebanyak-banyaknya, kemudian urutkan mana yang perlu didahulukan dan mana yang bisa ditunda. Demikin pentingnya memiliki skala prioritas pekerjaan. Karena jarum jam tidak bergerak ke kiri. Waktu tidak dapat kita mundurkan. Sementara kita perlu jadi lebih produktif untuk menghasilkan pekerjaan terbaik. Selamat Mencoba :)
 
Editor: Atalapu